Tips Masuk Unpad dan Meraih Prestasi Di Dalamnya (Wawancara)

Universitas Padjadjaran adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung yang populer dengan nama singkatan Unpad. Unpad diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 11 September 1957, kini tumbuh menjadi PTN paling favorit di Indonesia khususnya di rakyat Jawa Barat. Kini sejak 20 Oktober 2014, Unpad berubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dari Badan Layanan Umum (BLU).

Penetapan Unpad sebagai PTN-BH didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud-2014). Selain itu berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang ditetapkan pada 16 Januari 2014, yang mana Unpad mendapat peringkat A (sangat baik).

Unpad saat ini memiliki 16 Fakultas untuk Program Studi Sarjana, yang diantaranya:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi & Bisnis
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam
  5. Fakultas Pertanian
  6. Fakultas Kedoteran Gigi
  7. Fakultas Ilmu Budaya
  8. Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
  9. Fakultas Psikologi
  10. Fakultas Peternakan
  11. Fakultas Ilmu Komunikasi
  12. Fakultas Keperawatan
  13. Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
  14. Fakultas Teknik Industri Pertanian
  15. Fakultas Farmasi
  16. Fakultas Geologi

Itulah profil singkat dari Universitas Padjadjaran.

Universitas Padjadjaran (Unpad) bisa dibilang kampus yang cukup sulit untuk ditaklukan (lulus ujian masuk), salah satu faktor itu bisa dilihat oleh banyaknya siswa yang mendaftar di kampus ini. Dan hal itu terbukti pada tahun 2017 terdaftar sebanyak 4.020 siswa yang mendaftarkan diri ke Unpad melalui SBMPTN.

Untuk bisa masuk Unpad, kami akan memperkenalkan terlebih dahulu narasumber kami, yang bersedia memberikan tipsnya agar bisa masuk & menjadi mahasiswa di kampus favorit ini.

Dia adalah Larasati Amaranggana, perempuan kelahiran 9 Mei 1995, yang akrab disapa dengan nama Laras. Menurut Laras, untuk bisa kuliah di Unpad, dibutuhkan sebuah ketelitian untuk menganalisa peluang dan suatu usaha belajar yang maksimal, sebab Unpad termasuk universitas keempat dengan pendaftar terbanyak di tahun 2017.

Laras adalah alumni Unpad dari Fakultas Farmasi, yang meraih banyak prestasi selama ia menjadi mahasiswa Unpad. Diantara prestasi yang sudah ia capai, seperti Best educational experience and research, dari Unpad; Konfrensi Karya Ilmiah di Jepang; Diterima menjadi mahasiswa untuk pertukaran pelajar di Tunisia; dan penerima beasiswa dari Karya Salemba Empat.

Begitulah kiranya perkenalan singkat kita dengan Laras. Oleh karena itu, inilah tips untuk bisa lulus dalam ujian masuk Unpad berdasarkan wawancara postketiga dengan Larasati Amaranggana, salah satu mahasiswa Farmasi yang berprestasi.

Tips Lulus Ujian Masuk Unpad

Tips 1: Belajarlah secara maksimal

Belajar secara maksimal menurut Laras bukanlah dilakukan satu bulan atau dua bulan sebelum waktu ujian dimulai, akan tetapi lakukan lah dari awal masuk sekolah (SMA). Karena SNMPTN salah satu penilaiannya dari nilai rapot yang tidak harus sempurna, melainkan nilai yang kita dapatkan setiap semesternya harus bisa menaik (tidak ada nilai turun). Sehingga persiapannya memang harus dari awal-awal, agar nilai rapot kita makin naik, atau setidaknya stabil.

“Belajar maksimal dari pembekalan yang diadakan oleh sekolah, ikut les atau bimbel untuk lebih memantapkan ilmu pengetahuan yang sudah kita pelajari.” Ujar Laras kepada postketiga.

baca juga: Tips Masuk Unpad dan Meraih Prestasi Di Dalamnya (Wawancara)

Tips 2: Pilihlah jurusan yang memiliki peluang terbesar

Untuk peluang masuk kita bisa melihat dari jumlah peminat dari tahun ke tahunnya, dan juga jumlah kursi yang disediakan. Pada umumnya hal semacam ini pasti hampir sama setiap tahunnya. Jadi pilih lah jurusan yang berpeluang bagi kamu untuk bisa lulus di ujian masuk Unpad. Seperti jurusan yang memiliki porsi besar namun peminatnya hanya sedikit.

Tips 3: Perhatikan progam yang ditawarkan oleh kampus

Laras mengatakan bahwa kita juga harus memastikan kebijakan/program2 yang dibuat oleh universitas tujuan kita. Misalnya, di Unpad sendiri ada program “Nyaah ka Jabar”, artinya akan lebih banyak porsi yang disediakan untuk anak-anak Jawa Barat. So, kamu harus riset lebih jauh untuk hal ini. Tetaplah semangat!

Tips 4: Jadikan pilihan yang pertama

Inilah penjelasan Laras terkait harus dijadikannya pilihan yang pertama.

Untuk univeritas  yang sudah besar namanya, mereka tidak mau dijadikan pilihan kedua. Mereka lebih memprioritaskan calon mahasiswa yang memilihnya di pilihan pertama. Jadi kalau Unpad berada di pilihan ke-2, kemungkinannya kecil untuk dilirik sama Unpad.

Oleh karena itu kalo mau pilih Unpad, make sure-lah kalau Unpad dipilih sebagai pilihan pertama studi kita, bukan di pilihan kedua. Karena Unpad termasuk ke dalam 10 peringkat universitas terbaik yang ada di Indonesia pada tahun 2017 menurut UniRank. Sehingga otomatis lebih ketat dan lebih sulit persaingan masuknya, apalagi salama bertahun-tahun Unpad mendapatkan kategori PTN terfavorit SNMPTN, sementara yang diterima hanya sedikit.

Tips 5: Berdoa dan meminta restu orang tua

Jangan lupa untuk selalu barengi usaha kita dengan berdoa kepada Allah, karena setiap usaha kita baik keberhasilan dan kelancarannya adalah Allah yang menghendaki. Dan juga tidak kalah penting dari semuanya, meminta restu dan ridho orang tua jangan sampai terlewat apalagi kita mengabaikannya (nanti kualat, hehe).

Itulah tips-tips yang bisa disampaikan oleh Laras melalui perbincangan santai dengan awak postketiga. Semoga saja apa yang sudah disampaikan bisa menjadi manfaat bagi yang membacanya. Begitu kiranya harapan Laras dan juga postketiga yang menulis berita ini.

Tips untuk meraih prestasi di Kampus Unpad akan dilanjut pada artikel berikutnya. 

Penulis: yaz.ab

Satu tanggapan untuk “Tips Masuk Unpad dan Meraih Prestasi Di Dalamnya (Wawancara)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: