SBY Ikut Seruan #2019GantiPresiden dengan Wacana Pemimpin Baru

POSTEKTIGA.com – Seruan #2019gantipresiden memang menuai banyak reaksi dari pihak pemerintah yang berkuasa saat ini. Pasalnya pemerintah yang saat ini masih ingin melanjutkan kekuasaannya tidak terima adanya seruan itu. Bahkan pendukung pemerintah pun merespon hal tersebut dengan menyerukan kalimat tandingannya, yakni #2019tetapjokowi

Tampaknya ada yang sedang panik, dan mencoba melawan kepanikan itu.

Ramainya seruan ganti presiden, sepertinya ikut disoroti oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam acara pertemuan dengan warga di Cilegon, Minggu (22/4/2018), SBY menyampaikan hal yang mendukung seruan #2019gantipresiden.

SBY yang sebelumnya dinilai akan merapat ke kubu petahana, kini seolah bermanuver jauh dari hal itu. SBY tampaknya sejalan dengan seruan #2019gantipresiden, sebab dalam pidatonya SBY menyampaikan akan ada pemimpin baru yang amanah, cerdas, dan memikirkan rakyat banyak.

Presiden RI ke-6, yang saat ini dikenal sebagai king maker, berbicara soal prediksinya tentang kemunculan pemimpin baru dalam Pilpres 2019. Katanya SBY akan mendorong capres-cawapres baru, yang dinilai bisa memahami keinginan rakyat.

baca juga: Menakar Kemungkinan Adanya Poros Ketiga Penantang Jokowi dan Prabowo

“Saya akan pasangkan nanti, capres-cawapres yang mengerti keinginan rakyat,” kata SBY melalui keterangan tertulis Partai Demokrat, Senin (23/4/2018).

Pernyataan SBY tersebut seakan memberikan kode terkait langkah yang akan diambil oleh Partai Demokrat di Pilpres 2019. Karena sejauh ini Partai Demokrat masih belum menentukan keberpihakannya di Pilpres 2019.

Sikap Partai Demokrat masih sangat dinamis. PD bisa saja mengambil peran untuk membentuk poros ketiga, dengan gencar melakukan konsolidasi politik kepada partai yang dianggap dekat dengannya. Namun Demokrat bisa juga berhaluan mendukung koalisi lawan Jokowi di Pilpres 2019, yakni Gerindra dan PKS.

Saat ini telah disebut-sebut bahwa SBY akan mengadakan pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman, dalam rangka konsolidasi poros ketiga. Rencana pertemuan itu sudah dibuka sebelumnya ketika Sohibul Iman bertemu dengan Waketum PD Syarief Hasan.

baca juga: Demokrat Sebut Romahurmuzy Seperti Buzzer Politik Murahan, Bukan Ketum Partai

Pertemuan antara Sohibul dan Syarief tidak lain membahas agenda Pilpres 2019. Sohibul bahkan menyampaikan bahwa ada kemungkinan Partai Demokrat bekerja sama dengan koalisinya. (post/yaz)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: