PDIP: Berharap Ada Poros Ketiga Dalam Pilpres 2019

Pertarungan sengit antar dua Calon Presiden pada tahun 2014 yang lalu seolah baru saja kemarin. Kini Pilpres 2019 akankah kembali untuk Indonesia memiliki 2 calon presiden, atau mungkinkah ada poros ketiga?

Di dalam dunia politik apapun bisa terjadi, bahkan disaat detik-detik terakhir. Dan wacana poros ketiga di luar Jokowi dan Prabowo sangat mungkin saja terjadi. Sebagaimana adanya wacana ini yang disambut baik oleh sebagian para politikus, bahkan dari partai pendukung pemerintah saat ini yang turut menyambut baik akan hal tersebut. Wakil Sekjen PDIP Eriko Sutarduga berharap agar Pilpres 2019 ini memiliki 3 calon.

Eriko pun mengatakan bahwa dirinya berharap untuk Pilpres 2019 ini memiliki 3 pasang calon, agar sekat-sekat di masyarakt tidak semakin tebal. Hal ini diungkapkan oleh Eriko karena mengacu pada Pilpres 2014 yang saat itu hanya memiliki 2 pasang calon, yaitu Jokowi dan Prabowo. Sehingga menimbulkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat kala itu.

baca juga: Publik Inginkan Figur Baru Selain Prabowo, Untuk Lawan Jokowi

Konflik politik sangat berpotensi ada dan luar biasa jika pada Pilpres 2019 ini hanya menyodorkan 2 pasang calon presiden, yaitu Jokowi dan Prabowo. Karena itu Eriko mendukung akan adanya 1 pasangan calon lagi untuk bisa maju dalam pilpess 2019.

Sebelum Partai PDIP yang mendukung akan adanya wacana ini, hadirnya calon pasangan baru selain Jokowi dan Prabowo datang dari PKS. PKS kemudian mendorong partai Demokrat,PKB, dan PAN.

Adanya Presidential Threshold atau ambang batas pencalonan bagi partai, maka partai pun harus berkoalisi agar bisa mengajukan pasangan calonnya sebagai peserta Pemilu 2019 nanti. Setidaknya partai-partai yang berkoalisi haruslah memiliki 20% kursi di DPR atau 25% suara sah pada pemilu 2014. Untuk membentuk poros ketiga, PKB-PAN dan Demokrat sesungguhnya memang telah memenuhi ambang batas pencalonan tersebut.

Poros ketiga sangat mungkin ada jika saja PKB-PAN dan Demokrat berkoalisi. Bagi PKB di DPR saat ini memiliki 47 kursi atau 8.4%, PAN 48 kursi atau 8.6% dan partai Demokrat memiliki 61 kursi atau 10.9%, yang mana jika ketiganya berkoalisi total persentase kursi di DPR sebesar 27.9%. Hal tersebut telah memenuhi syarat untuk mengusung calon presiden di Pilpres 2019.

Namun adanya poros ketiga tergantung para elit partai dalam berkonsolidasi, akankah poros ketiga muncul atau justru rakyat kembali dihadapkan oleh 2 pilihan. (yaz.ab)

baca juga: Deklarasi Untuk Prabowo Datang Dari DPP Partai Gerindra Jateng

Satu tanggapan untuk “PDIP: Berharap Ada Poros Ketiga Dalam Pilpres 2019

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: