Merapat Ke Gerindra, PKS Siap Lawan Jokowi

Ketua DPP PKS Mardani Ali telah mendeklarasikan dukungan partainya kepada Prabowo Subianto terkait pencapresannya pada Pilpres 2019. Mardani berkata bahwa dirinya mempunyai firasat jika Prabowo akan mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Sebab itu PKS pun kini mulai merapat dan berkoalisi dengan Gerindra.

baca juga: Gatot ‘Nyapres’ Apa kabar dengan Prabowo?

Terkait calon presiden yang akan diusung, PKS menyerahkan itu kepada Gerindra. Menurut Mardani wajar saja jika Gerindra yang mengajukan diri sebagai capres, karena jumlah kursi Gerindra lebih banyak dibanding PKS di DPR. Gerindra memiliki 73 kursi, sementara PKS hanya 40 kursi.

Berdasarkan jumlah kursi yang mereka milika, keduanya sudah cukup untuk mengusung capres sendiri. PKS bahkan telah siap menyerahkan 9 nama kadernya untuk dibahas bersama dengan Gerindra. Kerena itu Mardani berharap jika calon yang akan diusung nantinya berasal dari internal partai masing-masing. Akan tetapi meskpiun nanti Gerindra memutuskan nama lain, PKS konon akan tetap berkoalisi dengan Gerindra.

Koalisi yang kuat antara Gerindra dan PKS nampaknya tak menggoyahkan PKS untuk merapat pada koalisi penguasa. Hal ini disampaikan oleh Mardani bahwa PKS siap melawan Jokowi pada Pilpres 2019. Selain itu Mardani tak ingin jika Pilpres 2019 hanya ada satu calon, karena nanti rakyat tak benar-benar merasakan demokrasi.

Meski belum ada keputusan resmi dari Prabowo terkait pencalonannya, PKS berjanji akan tetap berkoalisi dengan Gerindra. Namun, baik PKS maupun Gerindra, tentunya berharap jika partai-partai lain bisa turut mendukung mereka pada Pilpres 2019.

baca juga: Jokowi Kantongi 7 Partai, Bagaimana Dengan Prabowo?

Partai Politik yang kini dikabarkan mempunyai peluang untuk merapat pada keduanya, adalah PAN dan PBB. (yaz.ab)*

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: