Menanti Jum’at Keramat KPK

POSTKETIGA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya akan mengumumkan peserta pilkada 2018 yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. Agus juga menyebut ada 34 calon kepala daerah terindikasi korupsi dan 90 persenya hampir pasti menjadi tersangka.

Sementara itu ada informasi dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal aliran dana yang terkait peserta pilkada. Laporan PPATK berjumlah 368 transaksi mencurigakan. Saat ini, yang sudah ada hasil analisa berjumlah 34 laporan.

Meskipun Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto meminta agar KPK menunda pengusutan dugaan korupsi tersebut, KPK tetap akan mengusut dugaan korupsi hingga tuntas. KPK tidak memperdulikan permintaan Menkopolhukam tersebut.

kpk

Hari Jumat merupakan hari keramat bagi para koruptur. Pasalnya KPK sering mengumumkan penetapan tersangka kepada terduga koruptor di hari Jumat. Apalagi Ketua KPK sempat menyebut bahwa akan mengumumkan peserta pilkada yang terlibat korupsi minggu ini.

Sebelumnya KPK sudah meneken surat perintah penyidikan (sprindik) salah satu calon kepala daerah yang ikut serta dalam ajang Pilkada serentak 2018. Kepala daerah tersebut merupakan calon gubernur Maluku Utara, dengan inisal AHM.

Ketua KPK berharap agar pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang (Perppu) tentang penggantian calon kepala daerah yang tersndung kasus hukum. Dengan aturan tersebut partai politik pendukung bisa mengajukan nama pengganti apabila peserta pilkada yang didukung tersandung kasus korupsi. (Jaya)*

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: