Memalukan! Jamaah Umrah Asal Indonesia Bernyanyi Saat Sedang Sa’i

Beredarnya video jamaah umrah asal Indonesia yang bernyanyi disaat sedang sa’i. Video ini muncul ke jagat dunia maya melalui akun youtube Travella Alakbar, pada 24 Februari 2018. Di dalam video yang diunggah tersebut terlihat sejumlah jamaah umrah asal Indonesia, yang memakai baju ihram dan sedang melakukan sa’i bernyanyi bersama menyanyikan lagu Hubbul Wathon.

Aksi yang tidak dibenarkan ini tentunya menjadi perhatian Kerajaan Arab Saudi. Di kantor Kedutaan Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Muhammad Abdullah as-Shuaibi mengatakan bahwa siapa saja yang berada di Tanah Suci harus bisa menjaga adabnya dan fokus dalam menjalankan ibadahnya.

Aparat Kerajaan Arab Saudi sangat menyayangkan perbuatan yang dilakukan oleh jamaah umrah tersebut. Pihaknya pun tidak akan membiarkan adanya aktivitas semacam itu, karena dikhawatirkan hal semacam ini akan menimbulkan kegaduhan seperti yang pernah dilakukan oleh kelompok Syiah pada zaman dulu.

Osama pun menjelaskan bahwa pada waktu itu ada kelompok Syiah Qaramithah yang membuat kegaduhan dengan merobek kiswah Ka’bah dan mencuri Hajar Aswad. Oleh karena itu hingga 20 tahun lamanya jamaah haji dan umrah yang ingin mencium Hajar Aswad tidak bisa melakukannya karena batu hitam dari syurga tersebut telah dicuri.

Selain itu berbagai kalangan masyarakat pun ikut memberikan komentarnya terkait video tersebut. Ada yang mengatakan bahwa tindakan jamaah umrah yang bernyanyi disaat sa’i telah memalukan wajah Indonesia di kalangan umat islam dunia.

Komentar tersebut datangnya dari Azzam Muhammad seorang pengusaha muslim melalui akun Twitternya yang mengatakan bahwa tindakan bernyanyi disaat sedang sa’i bukan saja memalukan Nahdlatul Ulama tetapi juga ikut memalukan Indonesia yang notabene negeri dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Sebelum ramainya kerjadian ini, hal memalukan lainnya pun pernah dilakukan oleh jamaah umrah lainnya asal Indonesia yang membaca Pancasila saat sedang sa’i.

Oleh sebab itu lagi-lagi Kerajaan Arab Saudi mengimbau kepada seluruh umat Islam di dunia bukan saja di Indonesia, untuk sama-sama menjaga ketenangan dan keutuhan Tanah Suci. Mereka yang sudah mempunyai niat ikhlas untuk pergi berhaji dan berumrah harus tetap fokus dalam menjalankan ibadahnya.

(yaz.ab)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: