Liverpool Lolos ke Semifinal Setelah Melibas Habis Manchester City (Ulasan Pertandingan)

POSTKETIGA.com Liga Champions memang ajang pertandingan sepak bola yang istimewa bagi Liverpool. Fans The Reds sendiri begitu optimis dengan kompetisi ini, pasalnya klub kesayangan mereka merupakan klub yang sukses di dalam ajang sepak bola antar benua biru ini.

Rabu (11/4) dini hari tadi WIB, Liverpool memastikan lolos ke semifinal Liga Champions dengan menyingkirkan The Citizens lewat skor 1-2 dalam leg kedua yang digelar di Etihad Stadium. Ini merupakan comeback bagi Liverpool yang lolos ke semifinal Liga Champions sejak 2008 silam. Hal ini tentu menjadi moment berharga untuk kebangkitan The Reds di dalam kompetisi ini.

Setelah menang 2-1 melawan Manchester City, Liverpool sukses memperbesar agregat menjadi 5-1 sehingga berhak atas tiket semifinal. Manager Liverpool, Jurgen Klopp menilai bahwa timnya sudah berusaha menampilkan permainan yang baik untuk kompetisi ini. Terlebih lagi Klopp pun menyampaikan bahwa Liverpool telah menempuh jalan yang tidak mudah untuk lolos ke semifinal Liga Champions.

“Para pemain menemukan solusi di babak kedua. Kami memiliki dua atau tiga peluang di babak pertama, jadi cukup mudah bagi saya dan para pemain untuk melihat arah perkembangan permainan. Kami sudah melewati masa yang sulit,” tutur Klopp dikutip dari UEFA.

Pada laga kedua tadi, Liverpool memang diprediksi akan bermain bertahan. Tetapi siapa sangka ternyata The Reds memberikan tekanan yang sangat berarti bagi The Citizens.

jangan lupa saksikan: Jadwal Siaran dan Ulasan Leg Kedua Liga Champions

Liverpool memang sempat tertinggal lebih dulu oleh City pada babak pertama lewat gol cepat Gabriel Jesus. Namun keunggulan itu tidak didiamkan begitu saja oleh The Reds, hasilnya pada babak kedua The Reds sukses membalikkan keadaan. The Reds sukses membobol gawang City dua kali lewat sepakan penyerang andalan mereka, Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Jalannya pertandingan:

Pluit babak pertama baru saja ditiup, City sukses beri kejutan pada Liverpool lewat gol cepatnya. Gol itu dicetak oleh Gabriel Jesus setelah memanfaatkan kesalahan Virgil van Djik dalam membuang bola. Kesalahan itu kemudian diambil oleh Raheem Sterling yang lolos dari pemain belakang Liverpool, kemudian meneruskannya pada Jesus sehingga menjadi gol. Etihad seketika berada diatas angin.

Gol tersebut berhasil memperkecil agregat City terhadap Liverpool. Babak pertama pun berhasil dikuasai oleh City dengan mengepung pertahanan Liverpool. Namun sayangnya City tidak mampu mencetak gol tambahan. Laga babak pertama City unggul 1-0.

Pulit babak kedua berbunyi, pertandingan pun kembali dimulai. City masih gencar mengepung pertahanan Liverpool dengan serangan-serangan mereka. Sementara itu Liverpool tak mau kalah dalam barisan pertahanan mereka, sehingga mereka berusaha meningkatkan kekuatan pada garis pertahanan mereka.

baca juga: Roma Singkirkan El Barca dengan 3 Gol Tanpa Balas

Menit ke 56, Liverpool mengejutkan City lewat serangan mereka yang berbuah gol balasan.  Berawal dari giringan Sadio Mane yang berhasil dihentikan oleh Ederson, namun bola yang muntah berhasil dimanfaatkan oleh Mohamed Salah. Lewat sontekan emasnya, Salah pun memasukan bola ke gawang City.

Gol Salah membuat Liverpool percaya diri, sementara City terlihat semakin terbenam dengan kehilangan akal.

Hingga pada akhirnya, di menit ke 77, mimpi buruk pun datang menghampiri City di kandangnya. Liverpool sukses membalik keadaan dengan kembali mencetak gol. Berawal dari kesalahan Nicolas Otamendi, bola kemudian dimanfaatkan Firmino yang melakukan penetrasi sebelum melepas tembakan mendatar ke tiang jauh tanpa bisa dijangkau Ederson. Skor 2-1 untuk Liverpool.

Mendekati akhir pertandingan di menit ke 82, City sempat mencetak gol tambahan lewat Ilkay Gundogan, namun gol tersebut dianulir oleh wasit lantaran Sane terlebih dahulu masuk dalam jebakan offside. Sampai pulit pertandingan berakhir, tak ada gol tercipta lagi untuk pertandingan ini.

Skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool, memastikannya lolos pada babak semifinal.

Susunan Pemain
Manchester City: Ederson; Walker, Otamendi, Laporte; Fernandinho, De Bruyne; Sterling, Bernardo Silva (Gundogan 74′), David Silva (Aguero 66′), Sane; Gabriel Jesus.

Liverpool: Karius; Alexander-Arnold (Clyne 81′), Lovren, Van Dijk, Robertson; Oxlade-Chamberlain, Milner, Wijnaldum; Salah (Ings 89′), Firmino (Klavan 81′), Mane.

(yaz/ab)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: