Komitmen Bersama dengan Gerindra, Apakah PKS Akan Dapat Kursi Cawapres Prabowo?

POSTKETIGA.com  Pernyataan PKS untuk Partai Gerindra terkait pengajuan syarat kursi cawapres Prabowo, bukan lah sekedar pernyataan biasa. Pasalnya kedua partai itu telah menandatangani surat kesepakatan koalisi di Pemilu 2018.

Informasi tersebut di-iya-kan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, yang menyatakan bahwa surat kesepakatan koalisi tersebut ada dan bisa memastikan PKS dapat jatah kursi cawapres. Selain oleh Fadli Zon, pengakuan ini pun disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid.

“Saya belum lihat (suratnya). Saya dengar ada, nggak masalah. Isi suratnya (kesepakatan cawapres) dari PKS,” ujar Fadli di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/4).

Fadli pun menjelaskan bahwa surat kesepakatan tersebut tidak bersifat mengikat antara Gerindra dan PKS. Sehingga untuk nama cawapres Prabowo tetap harus dibahas dengan partai koalisi.

baca juga: Dilema Prabowo dan Manuver PKS

Menurut Fadli, surat kesepakatan itu dibuat bersama sebagai bentuk komitmen antara Partai Gerindra dan PKS. Karena itu PKS diminta untuk tidak perlu khawatir jika partainya berkhianat.

”Harus ada komitmen, Gerindra nggak akan khianati. Gerindra tak merasa keberatan dengan surat itu, bagus-bagus saja,” kata Fadli.

Surat kesepakatan tersebut dibuat ketika Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo, berkunjung ke kantor DPP PKS akhir tahun lalu. Surat tersebut diteken oleh petinggi masing-masing partai, yang diantaranya Ketum Gerindra Prabowo, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri dan Presiden PKS Sohibul Iman.

Hidayat pun turut menegaskan jika surat kesepakatan itu adalah bentuk komitmen antara PKS dan Gerindra dalam menghadapi Pemilu 2019. Dia pun menyatakan bahwa surat tersebut memang bukan suatu hal yang mengikat.

baca juga: PBB Inginkan Yusril Jadi Cawapresnya Prabowo?

“Enggak (mengikat). Saya kira itu suatu komitmen bersama untuk menguatkan koalisi antara kita,” kata Hidayat. (post/yaz)

Satu tanggapan untuk “Komitmen Bersama dengan Gerindra, Apakah PKS Akan Dapat Kursi Cawapres Prabowo?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: