Kemendag Jamin Stok dan Harga Beras Aman Saat Ramadhan

POSTKETIGA.COM – Memasuki bulan Ramadhan yang tinggal sekitar satu bulan lagi, Kementrian Perdagangan (Kemendag) akan menjamin stok dan harga beras aman saat bulan Ramdhan bahkan bisa sampai Lebaran. Selain itu juga Kemendag menjamin stok beras cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat se Indonesia.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Mentri Perdagangan Enggartiasto Lukita setelah menghadiri rapat terbatas bersama Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian. Rapat terbatas tersebut fokus membicarakan mengenai persediaan beras dan daging.

Dalam rapat terbatas tersebut turut hadir untuk membicarakan persediaan beras dan daging yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, serta Kepala Perum Bulog Djarot Kusumayakti

Read More : Pemerintah Menyatakan Tarif Ojol Sudah Siap Naik

Melansir laman Merdeka. Enggartiasto juga menyebut, rapat terbatas yang dipimpin oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution itu sebagai bentuk usaha pemerintah dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok yang biasanya merangsek naik menjelang bulan Puasa dan Lebaran setiap tahunnya. Darmin juga meminta laporan mengenai bagaimana menurunkan harga memasuki bulan puasa dan Lebaran.

Sementara itu Kemenag sendiri mempunyai cara untuk menjaga stabilitas harga pangan, cara yang digunakan Kemendag adalah dengan mewajibkan kepada seluruh pedagang beras tradisional agar menjual beras sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Sedangkan untuk daerah-daerah yang tidak memiliki stok beras, Kemendag mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab nantinya persediaan beras akan dipasok ke daerah-daerah yang kekurangan beras melalui Bulog.

Kemenag juga menambahkan seluruh persediaan beras Bulog baik yang dari serapan domestik maupun impor akan akan diusahakan untuk dijual. Hal itu dilakukan supaya tidak terjadi kekosongan stok beras di daerah-daerah lain. Dengan cara itu, Kemenag berharap beras medium di pasaran akan tersedia lewat Bulog.

Selain itu kemendag juga meminta agar pelaku usaha beras guna mendaftarkan merek-merek beras yang diperdagangkan di pasaran melalui Kemendag. Dengan demikian, rakyat tidak akan dirugikan dengan kualitas beras yang dijual. Pendaftarannya gratis namun harus menyiapkan berkas-berkas yyang nantinya akan disiapkan Kemendag.

Dengan kebijakan tersebut nantinya akan jelas mana beras medium mana beras premium. Jangan sampai pedagang menjual beras medium dengan harga medium. Dengan kebijakan tersebuty maka harga beras akan kembali ke normal HTE. (Jy-69)

2 tanggapan untuk “Kemendag Jamin Stok dan Harga Beras Aman Saat Ramadhan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: