Derawan, Tempat Menyelam Yang Menawan

Kepulauan Derawan, siapa yang tidak tahu indah dan menawannya kepulauan ini? Di sinilah surga dunia yang namanya telah melalang buana, yang menjadi keinginan banyak orang untuk menghabiskan banyak waktu.

Meski pulau ini terpisah dari daratan Kalimantan, Kepulauan Derawan terdiri dari pulau-pulau kecil yang masih masuk ke dalam wilayah Kalimantan Timur. Menawannya kepulauan ini adalah buah kesadaran dari penduduk Kepulauan Derawan yang mengerti akan potensi wisata alam di wilayahnya. Karena itu, apabila Anda berlibur ke Kepulauan Derawan ini, Anda akan disuguhi oleh pemandangan rumah yang berderet yang sebagian besarnya telah dijadikan homestay untuk para wisatawan.

Bagi orang yang ingin menikmati wisata bawah laut dengan menyelam, Kepulauan Derawan adalah tempat yang tepat. Karena kepulauan ini merupakan salah satu tujuan utama bagi para penyelaman di Indonesia bahkan dunia. Oleh karena itu setiap pengunjung atau wisatawan yang ingin menghabiskan waktunya di sini haruslah menjajal untuk menikmati wisata bawah laut di kepulauan ini. Sebab menyelam di Kepulauan Derawan hukumnya adalah WAJIB.

Australia, salah satu negara yang pernah melakukan penelitian ragam biota laut di kepulauan ini. Di dalam penelitiannya menjelaskan bahwa dalam satu terumbu karang dapat ditemukan lebih dari 50 jenis hewan laut. Wow!!!  Tak herankan jika Anda berada dikepulauan ini, menyelam adalah hukumnya wajib.

Baca juga: Kilas Balik Pulau Tikus Yang Cantik – Bengkulu

Jika Anda melakukan penyelaman di kepuluan ini, kehadiran Anda akan disambut oleh penyu-penyu yang berenang ke segala penjuru. Untuk dapat melihat sang pengarung samudera ini Anda dapat menuju Trutle Point. Namun, siap-siaplah dengan apa yang akan Anda lihat! Karena Anda akan dijamin untuk terkesima akan ramainya penduduk Kakaban Wall, yaitu terumbu karang yang tersusun membentuk sebuah dinding raksasa sedalam 180 meter.

Meski retina Anda dimanjakan oleh keindahan bawah laut kepulauan ini, Anda harus tetap berhati-hati dengan arus bawah lautnya yang terbilang lumayan kencang dengan suhu airnya yang cukup rendah.

Bawah laut Kepulauan Derawan bak sebuah Kota Metropolitan. Penghuninya bukan saja penyu, tetapi beragam jenis ikan dengan macam-macam ukurannya yang menjelma menjadi penduduk super sibuk di bawah gedung-gedung Kakaban Wall.

Di Kepulauan Derawan, Anda juga bisa memanjakan diri lebih lama lagi dengan berpindah sedikit ke sebuah danau. Inilah salah satu danau prasejarah yang terbentuk sekitar 21.000 tahun yang lalu. Danau tersebut bernama Danau Kakaban. Tahukah kalian tentang Danau Kakaban? Jika belum, baiklah akan saya gambarkan keindahannya di sini.

Danau Kakaban merupakan sebuah kumpulan air laut yang terjebak ribuan tahun yang lalu. Air danau ini berasa tawar, berbeda dengan air laut yang ada di sekitarnya. Penyebab tawarnya air di Danau Kakaban adalah karena perubahan lingkungan dan evolusi alam yang cukup lama. Akibatnya, evolusi tersebut berdampak pula pada biota air yang ada di dalam danau tersebut. Danau Kakaban ini dihuni oleh ribuan ikan dan jenis ubur-ubur yang tidak menyengat. Hah, ubur-ubur tidak menyengat? Gokil! Itu pasti bokis!

Tentu ini bukanlah sebuah kibulan bagi Anda. Anda ketika berenang di bawah air Danau Kakaban tentu dapat menyentuh ubur-ubur dengan tangan telanjang tanpa tersengat. Syaratnya Anda harus berteman dengan ubur-ubur seperti Spongebob. Hahaha. –tidak lucu–

Di dunia, ekosistem seperti ini Anda hanya dapat menjumpainya di dua tempat. Tempat pertama terletak di Kepulauan Micronesia, tepatnya di sebelah tenggara Pasifik. Dan yang kedua tentunya adalah di Danau Kakaban ini. Di Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur – Indonesia.

Karena itu akibat evolusi dan perubahan lingkungan yang cukup lama tersebut, membuat ubur-ubur penghuni danau ini benar-benar dapat Anda sentuh dengan tangan telanjang.

Keindahan lain dari danau ini adalah tempatnya yang dikelilingi oleh tajuk pepohonan yang lebat, udara yang sejuk, suasana yang sangat tenang. Dan itu adalah panorama yang sangat pas bagi Anda yang ingin menghabiskan banyak waktu untuk liburan Anda. Karena Danau Kakaban ini merupakan surga lain di Pulau Kalimantan ini.

Anda dijamin betah berwisata ke pulau ini!

(Yaziz)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: