David Silva Berhasil Mendekatkan City Ke Puncak Juara Lewat 2 Golnya (Review)

Manchester City semakin dekat dengan puncak juara Liga Primer Inggris setelah menang 2-0 dari Stoke City. Sepasang gol tersebut disarangkan oleh David Silva ke gawang Stoke.

Pulang dengan poin sempurna membuat poin The Citizens menjauh dari peringkat kedua Manchester United. The Citizens saat ini unggul 16 poin atas Setan Merah dengan mengumpulkan 81 poin dari 30 pertandingannya. Sementara tuan rumah yang mengalami kekalahan di kandangnya semakin terpuruk di peringkat ke-19 dengan mengumpulkan 27 poin.

Sejak pluit babak pertama dimulai, City sudah menguasai jalannya pertandingan. Hanya membutuhkan waktu 10 menit gol bagi City tercipta lewat kaki David Silva. Lewat terobosan cerdik yang dilepaskan oleh Gabriel Jesus, membuat Raheem Sterling melesat ke sayap kanan. Sterling yang berhasil menguasai bola, kemudian melepaskan umpan silang yang berhasil dimanfaatkan oleh David Silva. City memimpin 1-0.

Sementara kubu tuan rumah mempunyai peluang untuk menyamakan skor lewat tendangan Bodou Ndiaye yang dilepaskan dari luar kotak pinalti, menit ke 21. Namun arah bolah berubah tipis ke sisi gawang City setelah mengenai pemain City.

Menit ke-32, Bruno Martins melesatkan backpass ke Jack Butland nyaris membuat City menambah keunggulannya. Beruntung sang kiper keluar dari sarangnya dan berhasil mengamankan bola liar dari backpass Bruno Martin.

Menit ke-40 City kembali mengancam lewat Fernandinho. Gelandang The Citizens itu melesatkan tembakan jarak jauh yang membuat kiper Stoke, Butland, harus menjatuhkan diri demi menepis bola.

Serangan City tidak sampai disitu, berselang dua menit The Citizens kembali membombardir gawang Stoke. Kali ini tendangan voli De Bruyne yang meleset dari gawang Stoke.

Babak pertama pun ditutup hanya dengan satu gol.

Di babak kedua, City memperbaiki serangannya. Hasilnya sama seperti babak pertama, gol kedua pun tercipta diawal-awal pertandingan. David Silva kembali menuliskan namanya di papan skor lewat tendangan jarak dekat setelah bermain satu-dua dengan Gabriel Jesus. Gol tercipta pada menit ke-50.

Menit ke-57, aksi Sterling yang mengecoh bek Stoke berhasil melepaskan tendangan jarak dekat. Namun sayangnya tendangan Sterling berhasil dihalangi oleh Butland.

Stoke yang bermain dalam tekanan, hanya bisa memanfaatkan peluang melalui bola mati. Di menit ke-63 peluang tersebut tercipta, namun sayangnya tuan rumah tidak berhasil menjadikan sebuah gol karena tendangan voli Martins melambung.

Baru saja mendapatkan peluang, Stoke kembali dihadapkan dengan tekanan yang dibuat oleh Kayle Walker. Beruntung peluang emas Kayle Walker berhasil dikacaukan oleh Butland, sehingga membuat tendangannya meleset meski saat itu Walker hanya berhadapan dengan  Butland.

Menit ke-78, peluang City kembali tercipta. Namun Sterling yang berhasil mendapatkan peluang tersebut kembali menyia-nyiakannya sehingga tak bisa menambah keunggulan bagi City. Sterling yang hanya tinggal menembakkan bola ke gawang Stoke saat mencoba melewati Butland, usahanya berhasil digagalkan oleh Ndiaye.

Menit ke-80, giliran Gabriel Jesus yang gagal memanfaatkan peluang. Tembakannya yang terlalu keras itu meleset dari gawang yang dijaga oleh Butland.

Sampai pluit babak kedua berakhir tak ada lagi tambahan gol yang tercipta. Kemenangan pun berhasil diraih oleh City dengan skor 2-0.

Ball Possession:

Stoke: 22% – City:78%

Susunan pemain:

Stoke City: Butland; Bauer, Zouma, M. Indi, Stafylidis; Badou, Cameron (Ramadan Sobhi 88′), Allen; Shaqiri, Jese (Crouch 63′), Choupo-Moting

Manchester City: Ederson; Walker, Kompany, Otamendi, Zinchenko; Fernandinho, David Silva, De Bruyne; Sterling (Bernardo Silva 85′), Sane, Gabriel Jesus (Guendogan 90+1′)

penulis: Yaz/ab*

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: