Besok Warga Mekarsari Geruduk Kantor DPRD Indramayu

Besok senin 26 Februari 2018. Ribuan warga Desa Mekarsari yang tergabung dalam jaringan tanpa asap batu bara Indramayu (JATAYU) serta aliansi pemuda-pemuda Indramayu yang tergabung dalam Dermayu Ora Meneng (DOM) akan menggruduk kantor DPRD Indramayu. hal ini dilakukan karena ingin menagih janji ketua DPRD Indramayu yang sebelumnya menjanjikan akan beraudiensi dengan perwakilan JATAYU dan DOM tapi sampe saat ini belum juga terealisasi. Rencananya aksi besok akan dimulai pada pukul 10.00 wib.

ketika dihubungi awak postketiga.com salah satu peserta aksi dari kalangan mahasiswa menuturkan bahwa. “aksi yang kedua ini berbeda dari aksi yang pertama. warga yang tergabung dalam JATAYU akan melakukan konvoi dengan sepeda motor, start dari Mekarsari menuju titik kumpul di areal sport center (SC) Indramayu. sedangkan pemuda Indramayu yang tergabung dalam DOM akan langsung merapat ke lokasi” Ujar Nurfauzy Abdillah yang akrab disapa Lala.

Besok merupakan untuk yang kedua kalinya Lala mengikuti aksi solidaritas ini, sebelumnya aksi pertama dilakukan di Pendompo Indramayu pada hari kamis tanggal 22 Februari 2018. dalam aksi yang kedua ini ia menyebut akan ada beberapa tuntutan warga Mekarsari yang nantinya akan disuarakan di kantor DPRD Indramayu. beberapa tuntutanya adalah :

1. DPRD Segera tegur Bupati untuk menghormati Proses Hukum

2. DPRD tegur PLN untuk tidak melakukan kegiatan apapun terlebih dahulu sebelum proses hukum ingkrah  dan mengantongi izin lingkungan kembali.

3. Warga Desa Mekarsari tetap menolak keras adanya rencana pembangunan PLTU II

4. DPRD segera bertindak cepat sikapi bentuk pelanggaran dan kriminalisasi terhadap rakyat yang sedang memperjuangkan lingkungannya.

5. Warga akan memeberikan teguran juga terhadap pemerintah provinsi supaya tidak memberikan izin lingkungan yang baru, karena proses dan rencana pembangunan tersebut tidak partisipatif dan transparan.

sampe hari ini (25-03-2018). Proses hukum pembangunan PLTU II masih bergulir di PTUN Bandung. tentunya masyarakat Indramayu, khususnya warga Desa Mekarsari berharap agar proses banding dimenangkan oleh tuntutan warga sehingga warga Desa Mekarsari bisa menghirup udara segar. Warga Mekarsari khawatir pembangunan PLTU II akan mendatangkan banyak penyakit selain itu juga akan menggusur dan mengurangi lahan mereka.

Warga Mekarsari berharap masyarakat Indramayu dan sekitarnya bisa gabung melakukan aksi solidaritas besok. (Jaya)*

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: