Anies Baswedan Dideklarasikan Sebagai Calon Presiden di Pilpres 2019?

POSTKETIGA.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan secara resmi dideklarasikan sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 oleh sejumlah tokoh dan ulama yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Untuk Indonesia (GIUI) di Hotel Sofyan, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2018). Munculnya nama Anies sebagai calon presiden memang sudah ada sejak Anies memenangkan Pilkada DKI Jakarta tahun lalu.

“Setelah melalui kajian serius, sungguh-sungguh dan mendalam terhadap pribadi, track record baik integritas, kinerja dan elektabilitas Anies Baswedan dengan mempertimbangkan keadaan dan kebutuhan bangsa saat ini, maka kami dari Gerakan Indonesia Untuk Indonesia membuat keputusan bulat untuk mendorong, mendukung, mendaulat dan mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan maju sebagai Calon Presiden RI 2109-2024. Deklarasi ini didasarkan pada syarat komitmen, integritas, kapasitas dan elektabilitas yang terpenuhi di dalam diri Anies Baswedan,” tulis GIUI melalui pesan whatsapp yang disampaikan pada wartawan postketiga, Jakarta, 8 Juni 2018

GIUI juga menilai bahwa Anies adalah tokoh yang tepat untuk memimpin Indonesia saat ini, dikarenakan luasnya wawasan dan jaringan Internasionalnya. Bukan hanya itu, menurut GIUI Anies memiliki peluang yang besar untuk mengalahkan calon petahana di Pilpres 2019.

“Anies seorang tokoh yang diterima dunia karena wawasan dan jaringan internasionalnya, selain kemampuan komunikasi globalnya. Ini penting untuk membawa Indonesia mampu berperan aktif dan bermartabat di mata dunia. Dari sisi elektabilitas, hasil survei semua lembaga mengungkapkan Anies paling berpotensi untuk melawan dan mengalahkan incumbent di pilpres 2019,” lanjut GIUI.

Meski begitu tujuan dari deklarasi Anies oleh GIUI sangat kecil untuk terealisasi, pasalnya untuk merelisasikan itu Anies perlu kendaraan politik yang bisa memenuhi ambang batas pencalonan presiden. Salah satu kemungkinan Anies maju sebagai calon presiden adalah melalui koalisi dari Partai Gerindra. Namun saja Partai Gerindra sudah mendeklarasikan ketua umumnya Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Apa mungkin Gerindra mau memberikan tiket itu pada Anies? Hemmm.

Telah diketahui sebelumnya bahwa PDIP, Golkar, PPP, NasDem, dan Hanura telah sepakat berkoalisi untuk mengusung Jokowi. Sementara Partai Gerindra dan PKS yang sepakat berkoalisi pun sudah mendeklarasikan Prabowo sebagai jagoan Pilpresnya. Sedikit peluang mungkin terbuka dari Partai Demokrat, PKB dan PAN. Namun jika ditilik lebih dalam, peluang itu memang sangat tipis. Terlebih lagi ketiga partai itu bisa jadi akan merapat pada kedua koalisi yang ada. (yaz/ab)

2 tanggapan untuk “Anies Baswedan Dideklarasikan Sebagai Calon Presiden di Pilpres 2019?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: